Selasa

Jaringan Wireless


Sistem jaringan dengan menggunakan kabel (wireline) tampaknya memiliki keterbatasan. Bila setiap computer terhubung dengan computer pusat harus dihubungkan dengan kabel, maka semakin banyak computer, rangkaiannya pun menjadi semakin rumit. Selain itu, system jaringan dengan kabel menyulitkan penggabungan computer dalam jumlah besar.
            Dalam satu decade terakhir teknologi wireless telah berkembang pesat. Salah satu kemajuan yang dapat dirasakan adalah terciptanya teknologi stasiun bumi mikro atau VSAT (very small aperture terminal). Jaringan nirkabel ini sangat bermanfaat untuk mengatasi persoalan lokasi dan pembangunan jaringan computer terpadu yang jarak antar komputernya saling berjauhan dan tidak berada dalam satu ruangan.
            Teknologi nirkabel dapat menjadi jawaban bagi pengembangan system jaringan computer di laboraturium yang menghendaki akses dari ruang-ruang lain. Teknologi ini juga sangat cocok untukdigunakan dalam arena pameran atau pertandingan yang dilakukan secara permanent. Tidak ada bundle kabel yang harus dikelola karena computer-komputer saling dihubungkan dengan menggunakan gelombang yang dipancarkan oleh alat pemancar dan access point.
            Teknologi nirkabel juga memungkinkan pengaksesan internet. Bahkan, dibandingkan dengan system dial-up atau leased line pada jaringan wireline, akses internet dengan teknologi nirkabel relative lebih cepat dan murah. Oleh karena itu, banyak kalangan meramalkan bahwa teknologi ini dapat menjadi solusi yang terbaik untuk pembangunan infrastruktur jaringan di masa depan.
            Teknologi nirkabel ditentukan oleh jenis media transmisi yang digunakan. Media tersebut berupa radiasi elektromagnetik (listrik dan magnet yang terinterferensi) yang dipancarkan melalui udara terbuka, baik berupa gelombang mikro (mikrowave), system satelit komunikasi (satellite system), sinar inframerah, atau system laser.



0 komentar:

Poskan Komentar

 

ShoutMix chat widget

Followers

auditsu Copyright © 2009 Community is Designed by Bie